Saturday, April 11, 2015

Membuat koneksi dari aplikasi ke database


Connection String

adalah representasi String biasanya berisi informasi koneksi database untuk membuat sambungan antara database dan Aplikasi yang kita buat. Connection String meliputi parameter seperti nama driver, nama server dan nama database, serta informasi keamanan seperti user name dan password. Penyedia data menggunakan koneksi string yang berisi kumpulan parameter untuk membuat sambungan dengan database. Framework menyediakan tiga akses terutama  penyedia data:
1.       Microsoft SQL Server -> koneksi untuk sql server
2.       OLEDB -> koneksi untuk datanase microsoft acces
3.       ODBC -> koneksi untuk my MYSQL
Dalam postingan ini saya juga sudah posting cara mengkoneksikan sql server dengan visual basic
Pada bagian berikut dapat kita lihat bagaimana penyedia ADO.NET menyediakan data sambungan ke Databse
  Koneksi String visual basic dengan sql server



  Koneksi string visual basic dengan database microsoft acces



  Koneksi string visual basic dengan database mysql



Penjelasan :
Sebenarnya untuk terhubung ke database dengan menggunakan connection string hampir sama, coba perhatikan contoh yang ada di atas, semua penulisan kode program untuk koneksi ke database hampir sama, hanya saja penulisan parameter seperti nama server, nama database, user id, password nya saja yang berbeda. Dalam kode di atas kita selalu mendefenisikan 2 variabel yaitu :
1.       Dim connetionString As String

Fungsi variable ini di deklarasikan adalah untuk menampung string koneksi yang kita tuliskan didalamnya, dan selanjutnya kita mengerimikan ke server menggunakan object koneksi seperti SqlConnection, OleDbConnection, OdbcConnection. Di sini kita dapat membuat pilihan apakah kita akan terkoneksi dengan datase yang mana.

2.       Dim cnn As SqlConnection, OleDbConnection, OdbcConnection

Selanjutnya setelah koneksi string di inisialisasi maka kita akan mengirimkannya ke database.
Selanjutnya setelah semua selesai maka kita bias membuka koneksi yang telah kita buat dengan menggunakan cnn.open(), yang perlu diperhatikan adalah ketika kita telah selesai melakukan suatu aksi seperti menyimpan data ke database maka sebaiknya kita harus segera menutup koneksi tersebut agar sumber daya databse yang dihabiskan tidak banyak.
Namun kelemahan dari koneksi string ini adalah tidak fleksibel, artinya jika suatu database berpindah server makan kita harus membongkar kode program tersebut untuk mengatur koneksi kembali, namun  ada tekhnik agar koneksi ini dapat fleksibel. Cara yang paling bagus untuk koneksi ini adalah dengan memanfaatkan savesetting, savesetting tersedia dalam vb.net dan kita tinggal memakainya saja. Save setting disini bekerja dalam system computer, dimana saat akan terkoneksi dengan database maka aplikasi akan mengambil pengaturan yang telah kita setiing di savesetting. Sekiran penjelasan ini, mudah-mudahan dapat membantu teman-teman semu

No comments:

Post a Comment